Senin, 18 Mei 2009

Mocha Cupcake


Nah, ini Mocha Cupcake yang resepnya diambil dari Cupcake yang Sedang Tren, terbitan majalah Sedap. Kubawa ke Jogja buat teman-teman, mumpung lagi pada ngumpul buat dateng ke nikahan Agus-Rita. resepnya bisa dilihat disini.

Mocha Cupcake (untuk 14 buah)

Bahan:

6 kuning telur

3 putih telur

75 gram gula pasir

60 gram tepung terigu protein sedang (karena ngga tau yang apaan, aku pakenya Kunci Biru)

15 gram tepung maizena

10 gram susu bubuk (aku pake Dancow)

75 gram margarin, lelehkan

1/2 sendok teh pasta moka (aku pake merek Koepoe Koepoe)

Cara:

  1. Kocoktelur dan gula pasir sampai mengembang. tambahkan terigu, maizena, susu bubuk, sambil diayak dan diaduk rata.
  2. Masukkan margarin leleh dan moka pasta. Aduk perlahan.
  3. Masukkan adonan ke kantong plastik segitiga . Semprot ke cetakan pendek lebar yang telah dialasi kertas.
  4. Oven 17 menit dengan suhu 190 Celcius sampai matang.

Moka pastanya aku campurkan ke margarin leleh, biar cepet tercampur. Trus, aku pake sendok sayur buat nuang adonan ke cetakan karena ngga ada plastik segitiga. Dan ebrhubung oven di rumah itu oven ala kadarnya yang ngga ada pengukur temperaturnya, aku kira-kira aja panasnya. Aku nyalakan kompor sembari aku nuang adonan satu satu.

Somehow kurang ngembang. Aku nggak tahu apakah karena resepnya pake tepung maizena atau gara-gara pake susu bubuk? Pengadukan juga nggak terlalu sering, cepet kog kecampurnya. Atau suhu oven yang kurang? Yang jelas, rasa mokanya kerasa.

Toppingnya aku pake resep buttercream yang juga ada di buku resep itu, ada disini. Ditaburi dengan coklat bubuk.

Buttercream:

100 gr mentega tawar dingin (aku pake mentega putih Sari Tanny, nggak tahu mentega tawar itu yang gimana)

100 gram susu kental manis putih.

Cara:

  1. Kocok mentega tawar sampai lembut. Tambahkan susu kental manis.Kocok rata.

Jadi makin penasaran bikin cupcake yang perfect dan cute. Semangaat..!!

1 komentar: